Dicari Calon Komisioner KIP Kaltim yang Profesional, Berintegritas & Bagian dari SOLUSI bukan MASALAH …

Dicari Calon Komisioner KIP Kaltim yang Profesional, Berintegritas & Bagian dari SOLUSI bukan MASALAH …

3 Feb 2020 0 By kikaltim2016

Proses seleksi calon komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur (KIP-Kaltim) Periode Tahun 2020-2024 diharapkan menghasilkan komisioner bagian dari solusi bukan bagian dari masalah keterbukaan informasi publik. Hal ini mencirikan calon komisioner yang tidak hanya pandai dalam teori / materi namun juga sudah pernah melaksanakan keterbukaan informasi publik dan menjalankan standar layanan informasi publik pada badan publik tempatnya beraktivitas dan bekerja sebelum mengikuti seleksi menjadi calon komisioner KIP Kaltim.

Hal ini penting mengingat dalam penyelesaian sengketa informasi publik antara pemohon informasi publik dengan badan publik selain pengetahuan dan kecermatan dari majelis komisioner dibutuhkan juga kebijaksanaan dari majelis komisioner dan kebijaksanaan lahir dari pengalaman komisioner itu sendiri dalam implementasi dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik serta standar layanan informasi publik. Bila calon komisionernya minim atau bahkan tidak pernah melaksanakan keterbukaan informasi publik dan standar layanan informasi publik pada badan publik tempatnya beraktivitas dan bekerja sebelum mengikuti seleksi menjadi calon komisioner KIP Kaltim maka apabila nantinya mereka terpilih akan butuh waktu yang tidak sebentar untuk merubah mindset tersebut.

Pengalaman dua kali masa periode keanggotaan KIP Kaltim dari tahun 2012-2016 dan 2016-2020, Hal mengenai pengalaman calon komisoner dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik dan menjalankan standar layanan informasi publik pada badan publik tempatnya beraktivitas dan bekerja sebelum mengikuti seleksi menjadi calon komisioner KIP Kaltim belumlah menjadi prioritas dari penilaian seleksi calon komisioner dan butuh waktu yang panjang untuk menyadarkan bahwa sebelum mendorong badan publik melaksanakan keterbukaan informasi publik dan standar layanan informasi publik maka komisioner dan kelembagaan KIP Kaltimnya mestilah terlebih dahulu melaksanakan hal tersebut dengan baik dan benar. Ini hal sederhana tapi dalam pelaksanaannya tidaklah sesederhana itu. Semoga proses seleksi calon komisioner KIP Kaltim tahun 2020-2024 bisa menghasilkan komisioner yang lebih baik lagi khususnya dalam kaitannya dengan hal yang diuraikan pada bagian diatas.


Samarinda – Pemerintah Provinsi Kaltim, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membuka seleksi Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim periode 2020 – 2024. Proses ini akan memilih lima orang Komisioner yang melaksanakan amanah Undang – Undang Nomor 14 tahun 2008. Proses pengumuman seleksi dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 5 Februari 2020. “Peserta calon anggota Komisi Informasi Kaltim nanti akan mengikuti rangkaian tahapan seleksi. Mulai seleksi administrasi, tes potensi akademik, psikotest dan wawancara. Semuanya menggunakan sistem gugur,” ujar Ketua Tim Seleksi Fitriadi, Senin (3/2). Ditambahkan, masa pendaftaran akan dibuka selama sepuluh hari kerja. Masa ini dapat diperpanjang satu kali jika dalam penerimaan tidak memenuhi jumlah minimal pendaftar. Bagi Komisi Informasi (KI) tingkat Provinsi, sedikitnya 25 orang pendaftar.

Selain itu, berbagai dokumen juga harus diserahkan oleh calon anggota. Mulai dari formulir pendaftaran yang harus ditandatangani, daftar riwayat hidup, surat keterangan kepolisian, surat kesehatan dan berbagai formulir lain yang harus diisi dan dilengkapi. “Tim seleksi melakukan proses tahapan seleksi sesuai Peraturan Komisi Informasi (Perki) nomor 4 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi dan Penetapan Anggota Komisi Informasi,” imbuh dosen Universitas Mulawarman ini.

Sesuai Perki itu juga, Tim seleksi akan memilih 10 – 15 nama yang akan diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim. Selanjutnya, calon anggota yang terpilih itu akan mengikuti tahapan Uji Kepatutan dan Kelayakan. Sehingga nantinya terpilih lima orang yang menjadi Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim.

Proses penerimaan berkas akan dilaksanakan mulai tanggal 06 hingga 19 Februari 2020. Adanya waktu yang cukup panjang itu diharapkan dapat memberikan kemudahan pendaftar untuk memenuhi persyaratan. (gus/diskominfo)

sumber : https://seputarkaltim.kaltimprov.go.id/2020/02/03/pemerintahan/seleksi-komisi-informasi-kaltim-dimulakan-2





Link unduh atau download pengumuman lengkap penerimaan dan formulir pendaftaran calon komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim Tahun 2020-2024 –> https://drive.google.com/file/d/1HzT8o4eQAu–tjjGXQ9c2aD0L3ywH6Kj/view