Dorong peningkatan kapasitas, KIP Kaltim bersama Diskominfo kunjungan ke Jabar dan KI Pusat

Dorong peningkatan kapasitas, KIP Kaltim bersama Diskominfo kunjungan ke Jabar dan KI Pusat

3 Mei 2019 0 By kikaltim2016

Sebagai tindak lanjut rapat bersama antara Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim dengan jajaran PPID Utama dan Dinas Kominfo Provinsi Kaltim pada tanggal 25 maret 2019 dalam rangka pemaparan hasil temuan monev KIP Kaltim pada website PPID utama Pemprov Kaltim http://ppid.kaltimprov.go.id yang dikelola dan dikordinir Sri Rejeki Marietha, S.I.Kom.,M.Si dimana ditemukan puluhan item salah penempatan isi konten dan konten yang belum dan tidak lengkap terkait keterbukaan informasi publik dan layanan informasi publik PPID utama Pemprov Kaltim via website dan di analisa sebagai faktor utama makin menurunnya peringkat keterbukaan informasi publik Pemerintah Provinsi Kaltim ditingkat nasional tahun 2017 dan tahun 2018. selain itu juga agar preferensi kepala dinas Kominfo yang juga ketua PPID utama dapat lebih meningkat terkait layanan informasi publik dan keterbukaan informasi publik.

unduh dokumen temuan monev web PPID utama Pemprov Kaltim https://drive.google.com/file/d/1RrIkf86MBlkdk76GwJmkVAWGYfPCA318/view?usp=sharing

Maka KIP Kaltim pada tanggal 28 april sampai dengan 1 Mei 2019 mengajak serta Diddi Rusdiansyah AD,S.E.,M.M Kepala Dinas Kominfo & Ketua PPID Utama serta kepala Bidang IKP Diskominfo Dra. Hj. Nurulita,M.Si untuk mengunjungi PPID Utama Pemprov Jawa Barat, Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat di Bandung serta Komisi Informasi Pusat di Jakarta. Selain itu kunjungan juga dimaksudkan Mendapatkan referensi lebih lengkap terkait update terbaru sistem dan implementasi monitoring dan evaluasi pemeringkatan keterbukaan informasi publik pada badan publik yang telah dilaksanakan dengan baik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat di Provinsi Jawa Barat dan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini menjadi best practise bagi Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pemeringkatan keterbukaan informasi publik pada badan publik di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019.


1.Kunjungan kerja ke PPID Utama Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Kunjungan kerja Komisi Informasi Provinsi Kaltim bersama Diskominfo Provinsi Kaltim ke PPID utama Pemprov Jawa Barat di Bandung tanggal 29 April 2019. Kunjungan kerja dalam rangka orientasi lapangan implementasi keterbukaan informasi publik pada badan publik yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu dari 4 provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori Informatif dalam layanan keterbukaan informasi publik di Indonesia.

Ikut serta dalam kunjungan kerja Komisioner KIP Kaltim M.Khaidir, Lilik Rukitasari, Sencihan, HM Balfas Syam, Rudi Taufana, Kadis Kominfo Kaltim Diddi Rusdiansyah, Struktural dan staf Diskominfo Kaltim Nurulita, Taufik Andriani, Irfani Kholidi. Rombongan diterima Struktural dan staf PPID Utama Pemprov Jawa Barat dan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat di ruang rapat kantor Gubernur Jawa Barat. 


2. Kunjungan kerja ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat

Kunjungan kerja Komisi Informasi Provinsi Kaltim bersama Diskominfo Provinsi Kaltim ke Komisi Informasi Jawa Barat di Bandung tanggal 29 April 2019. Kunjungan kerja dalam rangka transfer referensi dan sistem monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik pada badan publik yang telah dilaksanakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat.

Ikut serta dalam kunjungan kerja Komisioner KIP Kaltim M.Khaidir, Lilik Rukitasari, Sencihan, HM Balfas Syam, Rudi Taufana, Kadis Kominfo Kaltim Diddi Rusdiansyah, Struktural dan staf Diskominfo Kaltim Nurulita, Taufik Andriani, Irfani Kholidi. Rombongan diterima langsung oleh Ketua KI Provinsi Jabar Dan Satriana beserta komisioner dan staf sekretariat KI Jabar.


3.Kunjungan kerja ke Komisi Informasi Pusat

Kunjungan kerja Komisi Informasi Provinsi Kaltim bersama Diskominfo Provinsi Kaltim ke Komisi Informasi Pusat di Jakarta tanggal 30 April 2019. Kunjungan kerja dalam rangka mendapatkan referensi dan masukan sekaligus berbagi pengalaman dan gagasan terkait monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik pada badan publik yang telah dilaksanakan Komisi Informasi Pusat. Baik KI Pusat maupun KIP Kaltim merasa penting kedepannya untuk pelaksanaan pemeringkatan keterbukaan informasi publik pada badan publik untuk melibatkan publik pemohon dan pengguna informasi publik dalam penilaian monev KIP badan publik.

Ikut serta dalam kunjungan kerja Komisioner KIP Kaltim M.Khaidir, Lilik Rukitasari, Sencihan, HM Balfas Syam, Rudi Taufana, Kadis Kominfo Kaltim Diddi Rusdiansyah, Struktural dan staf Diskominfo Kaltim Nurulita, Taufik Andriani, Irfani Kholidi. Rombongan diterima langsung oleh Komisioner KI Pusat bidang kelembagaan Cecep Suryadi dan Arif Adi Kuswardono bidang PSI dan staf sekretariat KI Pusat.