Sekretariat KIP Kaltim ikuti Rakornis Kearsipan & Perpustakaan Kaltim 2019

Sekretariat KIP Kaltim ikuti Rakornis Kearsipan & Perpustakaan Kaltim 2019

21 Feb 2019 0 By kikaltim2016

BALIKPAPAN. Staf sekretariat Komisi Informasi Provinsi Kaltim & Dinas Kominfo Provinsi Kaltim (Elly Akbar, Hamidah, Indira Silvianita, Irfani Kholidi) menghadiri Rapat Kordinasi Teknis Bidang Kearsipan Provinsi Kaltim di Kota Balikpapan Tanggal 19-20 Pebruari 2019. Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Gubernur Provinsi Kaltim H. Isran Noor.

berita terkait ….

Balikpapan – Dengan memastikan pemukulan gong beberapa kali secara resmi pula kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bidang Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur tahun 2019 dibuka dengan disambut meriah tepuk tangan oleh seluruh panitia dan peserta yang berada di ruangan. Pembukaan rakornis dilakukan oleh Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim Prof. Dr. Ir. HM. Aswin, MM. dimana sebelumnya para undangan di suguhkan tarian daerah Jepen Kaltim dilanjutkan pembacaan do’a dan sambutan Kepala DPKD Kaltim kemudian penyampian sambutan dan amanat Gubernur Kaltim.

Kegiatan Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim 2019 diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 19 – 20 Februari 2019 bertempat di Ballroom Grand Jatra Hotel, Balikpapan dan dihadiri 260 peserta dari beberapa OPD Kabupaten dan kota, yang sebelumnya hanya menargetkan 150 peserta.

Hadir pula Kepala Perangkat Daerah Pemprov Kaltim, Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota se-Kaltim, perangkat sektor di Kaltim, Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI Opong Sumiati dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional RI Imam Gunarto.

Gubernur menyatakan bahwa tenaga pustakawan maupun arsiparis yang melaksanakan tugas pengelolaan perpustakaan dan arsip adalah pekerjaan yang penting terkait informasi – informasi mengenai aspek – aspek kehidupan. “kita dengan model teknologi yang konvensional saja bisa mendapatkan informasi ratusan tahun yang lewat” kata beliau. Beliau juga menanggapi di akhir wawancara banyak nya peminat Rakornis kali ini yang ikut serta. “saya kira peminat nya banyak se- Kalimantan timur walaupun biayanya kecil namun mereka berpartisipasi masing – masing bagi para petugas dan aparat kita sebagai arsiparis dan pustakawan”.imbuh beliau.

Pada rumusan masalah kegiatan point akhir Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi tuan rumah Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur tahun 2020 yang mana pada tahun ini Balikpapan sebagai tuan rumah. Pada rakornis kali ini di rangkai dengan games Photo Challenge bagi para peserta.(oto/dpkd) http://perpustakaan.kaltimprov.go.id/berita-960-kegiatan-rakornis-perpustakaan-dan-kearsipan-2019.html