JK: Banyak Sekali Penghargaan untuk Kota, Tapi Warga Tetap Kesulitan

14 Des 2017 0 By kikaltim2016
244768806_7

Wapres Jusuf Kalla memberikan penghargaan Kota Cerdas kepada 15 kota terbaik di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan itu ia berkelakar tentang begitu banyaknya penghargaan yang diraih kota-kota di seluruh Indonesia. Namun, di sisi lain, JK juga mengeluhkan masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan meski banyak penghargaan diberikan.

“Di Indonesia tiada hari tanpa upacara penyerahan penghargaan, tapi tetap saja orang mengalami kesulitan,” kata JK di Istana Wapres, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Ia bercerita seringnya melihat piala ataupun penghargaan yang diraih tiap-tiap kota yang dikunjunginya. Tapi, masalah banjir, sanitasi, hingga sampah toh masih belum terselesaikan.

“Setiap saya kunjungi kota-kota atau kantor wali kota, kantor gubernur, selalu penuh mungkin berlemari-lemari pialanya. Mudah-mudahan berlemari-lemari piala itu sejalan dengan kemajuan kota kita semuanya,” tuturnya.

“Namun tiap hari juga kita mendapat informasi atau keadaan banjir, sampah, sulitnya sanitasi dan seperti disampaikan rektor (ITB) sehingga tentu kita harapkan bahwa penghargaan ini akan sejalan dengan kemajuan kota di Indonesia tersebut,” sambung JK lagi.

JK juga mengatakan akan mengevaluasi jumlah penghargaan yang diberikan agar tak sebanyak sepeti saat ini. Sambil bercanda, JK beralasan penyederhanaan penghargaan ini ditujukan agar presiden ataupun wakil presiden tidak kelelahan berikan penghargaan di kemudian hari.

“Apa yang disampaikan tadi tentang Rating Kota Cerdas nanti akan kita evaluasi lagi bagaimana mengupayakan kota itu penghargaannya tak sebanyak sekarang ini. Ada adipura, bermacam-macam koperasilah, tranaportasilah semua, begitu banyak cabang cabangnya. Sehingga kadang wali kota lebih banyak ada di Jakarta melihat piala dibanding kampungnya,” kata JK sambil terkekeh diikuti tepuk tangan hadirin.

“Jadi sederhanakanlah, agar presiden dan wapres, tidak terlalu capek berikan piala ini,” candanya.

https://kumparan.com/@kumparannews/jk-banyak-sekali-penghargaan-untuk-kota-tapi-warga-tetap-kesulitan