Bunga Bangsa Society Gelar Diskusi Bersama Komisioner KI Kaltim

11 Sep 2017 0 By kikaltim2016

 

SAMARINDA.  Bertempat diruang Melati Hotel Mesra Internasional Samarinda, Bunga Bangsa Society menggelar diskusi publik ke 3 pada sabtu 9 september 2017 dengan judul ; Diskusi Bersama Komisioner Komisi Informasi dengan tema Keterbukaan Informasi sebagai pilar Transparansi dan wujud peran serta masyarakat.

Acara diskusi dipandu oleh Darmawansah seorang praktisi dunia pendidikan dan aktif diberbagai aktivitas sosial seperti EH samarinda dan kelas inspirasi samarinda. Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim yang hadir dan  menjadi nara sumber diacara diskusi yaitu M.Khaidir Wakil Ketua dan anggota bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Dr. Lilik Rukitasari Kordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi dan Sencihan Kordinator bidang Kelembagaan.  Diskusi diawali pemaparan materi dari komisioner yang hadir kepada peserta diskusi.

Masing-masing komisioner membawakan paparan materi sesuai lingkup bidang tugasnya, M.Khaidir memaparkan presentasi seputar pedoman bagi masyarakat dalam menghadapi sengketa informasi publik dan sengketa informasi publik dalam angka, Dr. Lilik Rukitasari memaparkan presentasi terkait prosedur penyelesaian sengketa informasi dan hukum acara komisi informasi, sedangkan Sencihan memaparkan tentang Indeks Keterbukaan Informasi Publik di Provinsi Kaltim sebagai bagian aktivitas monitoring implementasi UU KIP pada badan publik.

Acara diskusi selain dihadiri kalangan pelajar dan mahasiswa juga dihadiri perwakilan dan tokoh-tokoh masyarakat diantaranya tokoh pinisepuh kaltim H.M. Dja’far Siddiq, Fajri Al Farobi Ketua GP Anshor Kaltim dan perwakilan dari Gerakan Rakyat Kaltim untuk Revisi UU pembagian keuangan pusat dan daerah seperti Syaparuddin, Fahri dan Eliansyah dan kalangan pegiat organisasi masyarakat sipil diantaranya Ade fadli dari yayasan bumi.

 

 

Beberapa pertanyaan dan masukan serta respon dari peserta diskusi atas pemaparan materi nara sumber dalam sesi diskusi ada yang langsung dijelaskan oleh masing-masing nara sumber ada juga yang sifatnya rekomendasi dan masukan untuk perbaikan peningkatan kesadaran warga masyarakat akan hak dan kewajibannya dalam keterbukaan informasi publik. Yang jelas Komisi Informasi Provinsi Kaltim mengapresiasi dan berterimakasih atas inisiatif Bunga Bangsa Society menggelar acara diskusi terkait keterbukaan informasi publik ini dan diharapkan inisiatif-inisiatif serupa bisa muncul dari kalangan lainnya guna semakin menumbuh kembangkan kesadaran publik untuk mengoptimalkan keterbukaan infromasi publik dan tata pemerintahan terbuka bagi peningkatan kualitas hidup.