Pertemuan Komisi Informasi Provinsi Kaltim periode tahun 2016-2020 dengan Gubernur, Wagub, Ketua DPRD & Sekdaprov Kaltim

22 Okt 2016 0 By kikaltim2016

foto silaturahmi ke gub-sekda-wagub-ketua dprd11

Pertemuan Komisi Informasi Provinsi Kaltim periode tahun 2016-2020 dengan Gubernur Provinsi Kaltim.

Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim, bersama sekretaris KI, Agus Eko dan panitera pengganti, Sutarwo, Selasa (21 juni 2016) siang, bersilaturahmi dengan Gubernur Kaltim, Bapak Dr H Awang Faroek Ishak. Gubernur memberikan dukungan penuh pada sukses pelaksanaan tugas pokok dan fungsi KI Provinsi Kaltim. Sebaliknya KI Provinsi Kaltim juga siap mendukung program Pemprov Kaltim mewujudkan keterbukaan informasi publik dan pemerintahan yang lebih terbuka (open goverment). “Laporkan kepada saya, kalau masih ada SKPD yang tertutup. Seluruh SKPD harus terbuka,” tegas gubernur.

 

Pertemuan Komisi Informasi Provinsi Kaltim periode tahun 2016-2020 dengan Gubernur Provinsi Kaltim.

“Koreksi saya jika masih ada ketertutupan informasi di Kantor Gubernur. Itu tidak boleh. Masyarakat harus dapatkan informasi benar dan akurat,” kata Gubernur Faroek saat menerima audiensi Ketua dan Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi (KI) Provinsi Kaltim, di Ruang Kerja Gubernur, Selasa (11/10).

SAMARINDA – Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak berharap seluruh kebijakan pemerintah pada masa kepemimpinannya harus diketahui masyarakat. Ini menunjukan jajaran Pemprov Kaltim siap menyelenggarakan pemerintahan secara terbuka sesuai semangat keterbukaan informasi publik.

“Koreksi saya jika masih ada ketertutupan informasi di Kantor Gubernur. Itu tidak boleh. Masyarakat harus dapatkan informasi benar dan akurat,” kata Gubernur Faroek saat menerima audiensi Ketua dan Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kaltim, di Ruang Kerja Gubernur, Selasa (11/10).

Gubernur menilai tidak dipungkiri mungkin masih banyak yang belum diketahui masyarakat berkaitan hak mereka untuk tahu. Itu yang tidak boleh. Sebab segala informasi publik berhak diketahui masyarakat.

“Saya melihat masih ada SKPD (satuan kerja perangkat kerja daerah) yang tertutup. Itu tidak diperbolehkan. Semua harus terbuka karena masyarakat punya hak untuk tahu,” tegasnya.

Kondisinya seperti itu, kata dia, yang diharapkan pada era reformasi dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini. “Mudahan kita masih bisa dipandang tertinggi dalam hal penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. Pernyataan saya tentang dukungang mewujudkan keterbukaan informasi publik sampaikan ke Komisi Informasi pusat agar mereka percaya di Kaltim sudah terbuka,” tegasnya.

Itu sebabnya, pihaknya berharap dukungan KIP menjaga agar setiap badan publik agar bersikap terbuka.

Disisi lain, gubernur menyambut baik rencana Komisi Informasi Provinsi Kaltim menyelenggarakan kegiatan dalam rangka peringatan Hari Hak Untuk Tahu se Dunia 2016. “Saya siap hadir. Silahkan hadirkan semua pemangku kepentingan terkait. Temanya kaitkan dengan pentingnya pembangunan fiber optic (FO) bagi keterbukaan informasi publik,” katanya.(diskominfo kaltim/arf)

http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-gubernur–koreksi…

 

Ketua DPRD Kaltim Dukung Program-progam Komisi Informasi #Kaltim

SAMARINDA – Ketua DPRD Kaltim H Syahrun HS atau akrab disapa Haji Alung mendukung penuh program-program Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim periode 2016-2020. Karena itu, dirinya siap untuk mendorong penganggarannya tersedia di APBD, demi terlaksananya program KI tersebut.

Dukungan itu diungkapkan Haji Alung ketika menerima kunjungan silaturrahim tiga komisioner KI Kaltim, Sabtu (10/9), di rumah dinasnya di Jalan Basuki Rahmat, Samarinda. Ketiga komisioner yang berkunjung adalah ketua KI Kaltim M Imron Rosyadi, wakil ketua KI Kaltim Muhammad Khaidir dan Koordinator bidang kelembagaan Senci Han.

“Apapun yang menjadi program KI Kaltim selama itu adalah untuk kita terus mendorong keterbukaan informasi publik, maka saya pribadi dan umumnya DPRD Kaltim akan mendukung. Tentu dukungan dimaksudkan dengan memperjuangkan anggarannya di APBD,” kata haji Alung.

Apalagi menurut politisi Golkar ini, program KI periode 2016-2020 adalah fokusnya kepada pencegahan sengketa informasi yang artinya akan lebih banyak kepada sosialisasi, edukasi dan advokasi. Itu artinya sangat membutuhkan anggaran yang tidak sedikit ke depannya.

Memang kondisi perekonomian secara nasional dan kemudian berimbas ke Kaltim turut mempengaruhi APBD Kaltim, namun haji Alung berpesan, KI sebagai pengawal informasi tetap terus eksis dan mendorong keterbukaan informasi publik itu di semua lini.

“Ya badai krisis ekonomi ini memang cukup terasa, khususnya APBD kita yang terus turun. Tapi saya pikir KI Kaltim akan terus bisa eksis dalam mengawal informasi,” ujarnya berharap.

Sementara ketua KI M Imron Rosyadi mengatakan, fokus kepada pencegahan sengketa adalah memang menjadi misi KI Kaltim periode 2016-2020. Karenanya KI sangat berkepentingan bermitra dengan DPRD terutama dalam hal support anggarannya.

“Alhamdulillah ketua DPRD Kaltim menyatakan siap mendukung program kami yang itu adalah dukungan anggarannya. Mudah-mudahan sinergisitas seperti ini akan terus berlanjut, sehingga keterbukaan informasi di Kaltim terus berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” kata Imron. (*)

 

Berita Terkait Kunjungan Silaturahmi Komisi Informasi Provinsi Kaltim ke Wakil Gubernur Provinsi Kaltim tanggal 5 september 2016 : Mukmin Minta KI Kaltim Bersinergi Dengan Pemprov http://www.kaltimprov.go.id/berita-mukmin-minta-ki-kaltim-b…

Pertemuan Komisi Informasi Provinsi Kaltim periode tahun 2016-2020 dengan Sekda Provinsi Kaltim.

Patut didukung dan diapresiasi keinginan positif Pemprov Kaltim seperti yang disampaikan Sekdaprov Kaltim Bapak Rusmadi Wongso, P.hd dalam pertemuan dengan komisioner Komisi Informasi Provinsi #Kaltim diruang kerjanya tanggal 20 oktober 2016 ,..untuk merealisasikan terhubungnya provinsi Kaltim dalam aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi & Pengaduan Online Rakyat) secara nasional –> https://www.lapor.go.id/ & http://blog.lapor.go.id/

berita terkait silaturahmi KI Kaltim dengan Sekdaprov #Kaltim :

KI Kaltim diminta bantu maksimalkan program lapor di pemprov Kaltim http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-kip-kaltim-dimint…

Sekdaprov : KIP sangat penting bagi pemprov http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-rusmadi–kip-sang…

KI Kaltim akan ajak masyarakat manfaatkan program lapor http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-kip-kaltim-akan-a…