Bhumandala Award & TOP IT bagi kaltim diharap makin menguatkan implementasi keterbukaan informasi publik

21 Okt 2016 0 By kikaltim2016

14650554_1530541753639495_2802816584524663946_n

3 penghargaan (Bhumandala Award & TOP IT) yang diraih kaltim ditingkat nasional diharapkan akan makin menunjang penguatan implementasi keterbukaan informasi publik 🙂

Berita terkait :

Penghargaan bhumandala award-2016, #Kaltim terbaik pertama tingkat provinsi se #Indonesia

SAMARINDA – Pemprov Kaltim kembali meraih penghargaan Bhumandala Award 2016 sebagai Terbaik Pertama Tingkat Provinsi Kategori Simpul Jaringan Informasi Geospasial dalam pembangunan. Kaltim dianggap dianggap sebagai provinsi paling peduli terhadap informasi geospasial oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Tropi penghargaan Bhumandala Award 2016 diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang diserahkan oleh Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brojonogoro di Kantor Badan Informasi Geospasial Jalan Raya Jakarta-Bogor Km. 46 Cibinong, Senin (17/10).

Gubernur Awang Faroek Ishak sangat bersyukur karena hasil penelitian Badan Informasi Geospasial dari 34 provinsi ternyata Provinsi Kaltim menjadi terbaik pertama dalam rangka penerapan informasi geospasial.

“Alhamdulillah, Kaltim telah memiliki Badan Informasi Geospasial pada tingkat daerah dan itu disinkronkan dengan program one data one map yang ada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak, Selasa (18/10).

Keberhasilan Kaltim meraih penghargaan Bhumandala Award 2016, lanjut Awang Faroek tentu tidak terlepas dari kerja keras jajaran Badan Informasi Geospasial Kaltim, serta dukungan dari SKPD terkait, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan sesuai harapan. Pengelolan data geoaspasial sangat penting untuk membantu proses pembangunan daerah.

“Selain itu pengelolaan data geospasial juga diperlukan untuk penyusunan tata ruang wilayah. Oleh karena itu, penghargaan yang diraih kiranya bisa terus dipertahankan dengan penataan ruang dengan segala peruntukannya bisa lebih baik lagi ke depan,” pinta Awang Faroek.

Sukses Kaltim ini disusul DKI Jakarta di peringkat kedua dan Jawa Barat di peringkat ketiga. Posisi keempat ditempati Kalimantan Selatan dan peringkat kelima Nusa Tenggara Barat (NTB). (mar/sul/es/humasprov)
http://kaltimprov.go.id/berita-penghargaan-bhumandala-award…

Kaltim terima dua penghargaan TOP IT

SAMARINDA — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kembali akan menerima penghargaan dalam pencapaiannya di bidang TI dengan kategori TOP IT – Intitution Best Practice 2016 as TOP TI Implementation on Province Government 2016 and TOP ICT Leadership 2016.

Ini merupakan support dari ITECH Magazine, ASPEKTI ( Indonesia Consultant Company of Telematics Association), IKTII (Indonesian IT Consultant Association), MASTEL( Society of Telematics), ALVARA( Marketing Research Agency), ATSI (Indonesia Telecommunication Company Association), ABDI (Indonesia Big Data Association) and FORTI (IT Forum of SOE yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Asosiasi TI.

Penghargaan tersebut rencananya akan diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak pada 23 November mendatang bertempat di Grand Ballroom Rafflesia-Balai Kartini Jakarta.

Penyerahan penghargaan ini rencananya akan diberikan langsung oleh Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur kepada para penerima penghargaan.

Sehingga ini menjadi satu lagi keberhasilan Kalimantan Timur dalam pencapaiannya untuk terus menjadi provinsi yang berkembang dan maju khususnya di bidang TI, mengingat juga Kaltim yang mengusung Cyber Province ini dipastikan dapat menjadi provinsi yang menjadi pelopor demi keberhasilan TI di di Indonesia. (DISKOMINFO/Lely)
http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-kaltim-terima-top…

Kaltim raih penghargaan informasi geospasial terbaik nasional tingkat provinsi

SAMARINDA — Hari Informasi Geospasial yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi Kalimantan Timur, pasalnya Kaltim kembali meraih prestasi ditingkat Nasional dengan mengalahkan provinsi-provinsi lain seperti Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah dalam Penghargaan Bhumandala Award 2016.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brojonogoro langsung kepada Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak bertempat di Kantor Badan Informasi Geopasial Jakrta-Bogor, Senin (17/10).

Tentunya hasil ini patut diapresiasi karena Kaltim mampu mengalahkan 34 provinsi lainnya dalam rangka penerapan informasi geopasial yang mana ini merupakan kerja keras bersama yang dilakukan oleh Badan Informasi Geopasial Kaltim serta tidak lepas jugad ari dukungan pemerintah provinsi.

Hal ini tentunya sangat penting guna penyusunan tata ruang wilayah Kaltim kedepan yang lebih baik, sehingga dengan adanya penghargaan Bhumandala ini Kaltim diharapkan mampu mendukung pembangunan daerah kedepan yang semakin maju. (DISKOMINFO/Lely)
http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-kaltim-raih-pengh…

Sisihkan provinsi lain, Kaltim raih 2 penghargaan TOP IT

SAMARINDA—Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur patut berbangga, pasalnya Kaltim kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan sekaligus yaitu Top IT Institution Best Practice 2016 (implementation on province government) dan Top IT Leadership 2016 (Gov CIO) dari asosiasi IT dan majalah Itech.

Kaltim dapat menyisihkan Provinsi lainnya setelah melalui seleksi yang cukup ketat baik itu kuesioner termasuk dalam bentuk bahasa Inggris, kemudian melakukan presentasi pada 26 September silam.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Abdullah Sani menyebut penghargaan yang diraih merupakan kerja keras semua pihak terkait yang terus mendukung keterbukaan informasi di Kaltim. Dalam hal penilaian dalam penghargaan tersebut adalah komitmen Kepala Daerah yakni Gubernur yang sangat menginginkan untuk membangun Provinsi Siber yang bisa menggerakkan Kab/Kota yang ada di Kaltim.

“Komitmen ini yang menjadi penilaian positif bagi mereka. Inilah yang membuat Kaltim mendapat TOP IT Leadership 2016,” sebutnya di Samarinda, Kamis (20/10).

Kemudian, lanjutnya, Top IT Institution Best Practice 2016 dapat diraih pula oleh Kaltim dikarenakan tim seleksi melihat hampir seluruh Provinsi di Indonesia melakukan kunjungan ke Diskominfo Kaltim untuk melihat pengelolaan TIK dan keterbukaan informasi yang dilakukan. Sehingga Kaltim mendapatkan penghargaan keterbukaan informasi empat kali berturut-turut.

“Banyak lagi yang tentunya menjadi penilaian dari keberhasilan Kaltim di bidang TIK maupun keterbukaan informasi. Insya Allah jika tidak ada perubahan, Gubernur akan menerima langsung penghargaan Top IT pada 24 November di Balai Kartini Jakarta,” pungkas Sani. (cht)
http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-sisihkan-provinsi…